Install Arduino Cores

posted in: Belajar Dasar | 0

Arduino Core merupakan sepaket informasi yang memungkinkan Software Arduino IDE berkomunikasi dan melakukan pemrograman pada Arduino dengan arsitektur hardware tertentu. Bisa dibilang konsep Core ini mirip seperti driver hardware pada sistem operasi Windows. Kamu perlu melakukan installasi core tambahan karena mulai Arduino IDE versi 1.6.2 ke atas hanya Core untuk board Arduino berbasis AVR saja yang terinstall secara default, beberapa board Arduino non-AVR akan membutuhkan Core tambahan yang bisa kamu download.

Contoh kasusnya adalah  Arduino Due, prosesor board Arduino ini berbasis arsitektur ARM yang menggunakan mikrokontroler ARM/SAM, sehingga agar dapat menggunakan Arduino IDE untuk memprogram Arduino Due kamu perlu menginstall SAM Core menggunakan Boards Manager.

 

Bagaimana Menginstall Arduino Core?

Pada contoh kali ini, mimin akan menginstall core yang dibutuhkan untuk dapat menggunakan board Arduino Due. Proses instalasi ini ada pada jendela Boards Manager di Arduino IDE (Tools -> Board -> Board Manager).

core

Gambar di atas merupakan jendela Board Manager. Instalasi dapat dilakukan dengan sangat mudah, kamu hanya perlu memilih core yang dibutuhkan dan klik install, kemudian Core aka terunduh dan terpasang. Tentu saja, lama waktu instalasi bergantung pada kecepatan koneksi internet yang kamu gunakan.

installing core

Proses di atas merupakan proses download dan installasi Core untuk Arduino Due. Setelah proses instalasi selesai, maka kamu dapat menemukan board Arduino Due pada menu Tools -> Boards.

SAM Core

Selamat! Kamu sekarang bisa menggunakan Arduino IDE untuk melakukan download program ke Arduino Due!

Sekian dulu yang bisa kami share pada kesempatan kali ini. Jangan lupa tetap pantengin terus sinauarduino.com.

 

“Selagi masih ada ilmu yang bermanfaat dan kesempatan, sebarkanlah”

Salam sinauarduino.com

 

Leave a Reply