IoT Dev Kit Image Intel Galileo Gen 2

posted in: Modul | 0

IoT Dev Kit image merupakan image Linux yang dapat kamu gunakan pada board Intel Galileo Gen 2. Dalam penggunaanya, kamu memerlukan MicroSD yang telah berisi Intel® IoT Developer Kit versi dari  Yocto*-built Linux image. Kelebihannya apa Min dibanding dengan Linux versi SPI? Seperti yang sudah Mimin jelaskan, bahwa Linux versi SPI dari Intel Galileo hanya berisi fungsi-fungsi standard saja dan itu sifatnya terbatasNah, pada versi IoT Dev Kit, lebih komplit, karena tersedia library serta resource yang membantu para pengembang membuat aplikasi dengan bahasa pemrograman favorit mereka seperti GCC, Python, Node.js, OpenCV, dan masih banyak lagi.

Sama seperti versi Linux SPI, pada Linux IoT Dev Kit, kamu dapat menggunakan fungsi-fungi Arduino, seperti menjalankan sketch Arduno. Namun, yang musti kamu perhatikan bahwa ketika kamu menggunakan Linux versi SPI dan meng-upload sketch kedalam Intel Galileo Gen 2, tau-tau baterai habis atau listrik mati, sketch tersebut bakalan hilang. Namun berbeda halnya dengan penggunaan Linux versi IoT, sketch tersebut bakalan tetap tersipan walaupun daya pada board dimatikan dan akan dieksekusi ketika board telah berhasil booting kembali.

Bagaimana Cara Menggunakannya?

Tidak jauh beda dengan Linux versi SPI dalam hal penggunaan dan langkah-langkahnya, sehinga kamu semua bisa merujuk tutorial berikut. Yang membedakan adalah, kamu harus membuat bootable pada SD Card yang berisi Linux IoT Dev Kit. Linux yang tertanam pada SPI Chip, dimana ketika booting awal akan melakuan pengecekan kemungkinan adanya OS (Operating System) lain pada SD Card atau USB Host. Sehingga ketika menemukan OS lain, maka secara otomatis booting menggunakan OS sekunder tersebut. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

#1 Siapkan MicroSD

Siapkan MicroSD Card dan adaptornya minimal 2GB. Pada tutorial ini mimin pake MicroSD Card 16GB.

sandisk-16gb

Gambar 1. MicroSD dan Adaptornya

#2 Format MicroSD

Format MicroSD card dengan file sistem FAT32 serta Quick Format:

format-sd-2

Gambar 2. Format MicroSD Card

#3 Download Linux Image dan Software Pendukung

Download Linux Yocto Image (IoT Dev Kit) dan Win32DiskImager. Win32Disk Imager berfungsi menuliskan file dari Linux image ke dalam MicroSD. Setelah proses download Linux image berhasil, lakukan ekstraksi dan dapatkan file berekstensi .iso atau .direct

linux-image

Gambar 3. File Linux IoT Dev Kit

Jalankan aplikasi Win32DiskImager. Pada tab image file, carilah lokasi dimana file Linux IoT Dev Kit berada. Kemudian pilih Device sebagai target penulisan image Linux yaitu MicroSD Card yang sudah kalian siapkan. Setelah file Linux sumber dan target device dipilih, maka tekan write dan tunggu proses hingga selesai. 

write-linux-image

Gambar 4. Proses penulisan Linux image pada MicroSD   

#4 Booting Sistem

Setelah proses penulisan file image Linux berhasil, maka pindahkan MicroSD dari komputer ke port MicroSD Intel Galileo. Hidupkan Intel Galileo dan proses booting-pun akan berjalan. Kamu bisa melihat proses booting dan masuk kedalam terminal melalui komunikasi serial seperti yang sudah mimin jelaskan di sini menggunakan FTDI tools. Gambar 5 berikut menunjukkan menu GRUB pada saat bootng Linux IoT Dev Kit.

iot-devkit-grub

Gambar 5. Menu booting IoT Dev Kit Linux image 

Proses login ke kedalam sistem menggunakan passphrase “root” sama dengan Linux versi SPI-nya. Oke sobat, selamat mengeksplor IoT Dev Kit image ya……. 🙂

ifconfig-iot-devkit

Gambar 6. login ke dalam sistem

“Kesuksesan itu bukan kebetulan, namun tercapai karena kerja keras dan pantang menyerah”

Salam sinauarduino.com

Leave a Reply