Led Blink Menggunakan Intel Galileo Gen 2 dan Python

posted in: Modul | 0

Pada tutorial kali ini Mimin akan mencoba berbagi ilmu mengenai library “mraa” pada pemrograman Python di Intel galileo Gen 2. Misi kita kali ini adalah bagaimana caranya led pada pin 13, dapat kita nyala dan matikan alias nge-blink dengan interval 1 detik dengan menggunakan bahasa pemrograman Python. Kalo temen-temen inget, Mimin pernah nyoba led blink, tapi menggunakan Arduini IDE yang terkoneksi dengan Intel Galileo di sini.

Apa Saja Peralatan Yang Dibutuhkan?

  1. Tentu saja kamu butuh Intel Galileo Gen 2.
  2. FTDI chip dan kabel sebagai jembatan penghubung serial komunikasi Intel Galileo dan software putty dalam mengakses terminal linux.
  3. Mimin rasa cukup dua di atas, selebihnya monggo sesuai selera šŸ™‚

Bagaimana Langkah-Langkahnya?

#1Ā Update Repository dan Upgrade Package

Secara default, Python dan library “mraa” telah ter-installĀ pada Intel Galileo Gen 2 dengan image IoT Dev Kit. Langkah ini merupakan langkah opsional, namun tidak ada salahnya kamu melakukan proses update repository dan upgrade package Intel Galileo guna memastikan software yang terpasangĀ adalah software terbaru melalui menggunaan command berikut:

root@galileo:~# opkg update
root@galileo:~# opkg upgrade

#2Ā Membuat File Python

Pada langkah ini, mari kita buat file dengan ekstensi .py dimana file ini nantinya akan dipanggil pada terminal Python. Mimin menamai file tersebut dengan “led.py“. Min, gimana cara membuat file berkestensi Python? Caranya mudah kamu bisa menggunakan teks editor pada jendela terminal. Pada kasus ini, Mimin menggunakan teks editor “nano” karena mudah dimengerti bagi para pemula.

root@galileo:~# nano /home/led.py

Pada sintaks di atas, Mimin membuat file “led.py” pada folder “home”. Jalankan Instruksi di atas, dan kemudian akan terbuka jendela GNU Nano Editor seperti berikut:

led-py

Gambar 1.Ā Jendela Nano Editor

Setelah terbuka jendela nano editor, ketikkan listing program Python seperti pada Gambar 1 di atas. Mimin juga tambahkan teks sebagai penunjuk status led pada pin 13, agar perubahan hidup dan mati led juga dapat diamati pada jendela terminal Linux.

import mraa
import time
pin = mraa.Gpio(13)
pin.dir(mraa.DIR_OUT)

while True:
    pin.write(1)
    print "Led Hidup"
    time.sleep(1)
    pin.write(0)
    print "Led Mati"
    time.sleep(1)

Jangan lupa simpan perubahan yang kamu lakukan pada nano editor.

#3Ā Jalankan Script Led.py

Proses pemanggilan script didahului dengan perintah “python” sebagai berikut:

root@galileo:~# python /home/led.py 1

Angka 1 pada sintaks pemanggilan di atas, bertujuan agar proses loop whileĀ berjalan terus karena perulangan while pada script “led.py”Ā akan berjalan ketika kondisi benar. Secara tidak langsung Mimin memberikan status benar untuk proses running scriptled.py“.

led-py2

Gambar 2. Pemanggilan file script “led.py”

Proses loop yang ditunjukan pada Gambar 2 akan berjalan terus menerus hinga kamu melakukan terminasi menggunakan perintah Cntrl+C. Selamat misi selesai šŸ™‚ dan led pun berkedip riang buat kamu.

 

“Jangan sia-siakan waktumu, terus upgrade dirimuā€

Salam sinauarduino.com

Leave a Reply