Membuat ESP8266 Menjadi Client dan Menghubungkan ke Access Point (AP)

posted in: Modul | 0

Halo sinauers, kali ini mimin akan ngasih tutorial dasar mengenai ESP8266 biar ESP8266 ESP-01 kamu bisa terhubung ke AP alias hotspot yang berasal dari router WiFi. Cara yang kita gunakan sama seperti tutorial sebelumnya, yaitu dengan menggunakan USB to TTL dan mengakses ESP8266 menggunakan AT command.

Hal yang pertamakali harus kamu lakukan adalah menghubungkan ESP8266 ke PC dengan perantara USB to TTL dan mimin asumsikan ESP8266 kamu sudah siap digunakan 🙂

Setelah itu, kamu harus tahu nama AP WiFi beserta passwordnya, misal AP punya mimin mempunyai nama SSID “SinauArduino” dengan password “mantapjiwa”.

Setelah itu jalankan program terminal (PuTTy atau semacamnya) dan lakukan koneksi ke port COM dari USB to TTL yang sudah terhubung ke ESP8266 tadi. Setelah terhubung, kalian hanya perlu menulis AT command dengan format:

AT+CWJAP=”SSID”,”Password”

misalnya

AT+CWJAP=”SinauArduino”,”mantapjiwa”

lalu tekan Ctrl+M dan Ctrl+J (kalau pakai PuTTy). Apabila error, itu berarti kalian salah memencet atau typo saat menuliskan AT command. Ingat, kalau di PuTTy, semua input keyboard langsung diterima saat itu juga, sehingga tidak boleh menekan tombol lain selain menuliskan AT command, termasuk Backspace, karena Backspace tersebut juga akan terbaca oleh PuTTy sebagai input command.

Apabila keluar pesan “OK”, maka selamat, ESP8266 kamu sudah terhubung ke WiFi. Silahkan cek dengan AT command:

AT+CIFSR

untuk mengetahui IP address yang didapatkan ESP8266. Selamat mencoba! 🙂

Leave a Reply