Part 2: Instruksi Kendali Pada C++ (Perulangan dan Switching)

posted in: Pemrograman C++ | 1

Instruksi Perulangan

Perulangan atau looping berfungsi untuk melakukan perulangan eksekusi instruksi pada suatu baris kode sebanyak n kali atau selama kondisi tertentu. Jika kondisi tidak terpenuhi, maka proses perulangan akan dihentikan.

Terdapat 3 instruksi yang termasuk dalam instruksi kendali yaitu while, do-while, dan for. Setiap instruksi tersebut memiliki karakterristik tersendiri. Berikut penjabarannya:

1. While

Instruksi perulangan while, akan melakukan perulangan terhadap blok kode, selama kondisi bernilai true, atau benar. Berikut sintaks instruksi while:

while(kondisi){
//Blok kode yang akan dieksekusi
}

Jika diaplikasikan dalam pemrograman C++, berikut adalah contoh kodenya:

#include <iostream>
using namespace std;

int main(){
int i=5;
while(i>0){
 cout<<"Halo sahabat sinauarduino.com"<<endl;
 i--;
}
return 0;
}

Hasil output program:

while

Seperti yang dapat kamu lihat pada program di atas dan hasil output program, fungsi program di atas adalah, melakukan perulangan sebanyak 5 kali untuk mencetak kata “Halo sahabat sinauarduino.com”. Banyaknya perulangan ditentukan oleh nilai yang tertampung pada variable ‘i’. Pada program di atas, variabel ‘i’ pada awal program diberikan nilai 5. Instruksi while akan melakukan perulangan selama nilai dalam variable ‘i’ lebih besar daripada 0. Selama proses pencetakan atau eksekusi blok program dalam whilenilai variabel ‘i’ dilakukan decrement, agar perulangan dengan while memiliki kodisi yang terbatas alias finite. Jika kamu tidak menyertakan proses decrement pada variabel ‘i’, maka perulangan akan dilakukan tanpa batas alias infinite.

2. Do-While

Berbeda dengan instruksi while, instruksi do-while akan menjalankan atau mengeksekusi blok kode minimal satu kali di awal, dan kemudian eksekusi selanjutnya bergantung kondisi dalam while. Berikut sintaks instruksi do-while:

do{
//blok yang akan dieksekusi
}while(kondisi);

Jika diaplikasikan dalam pemrograman C++, berikut adalah contoh kodenya:


#include <iostream>
using namespace std;

int main(){
string nama;
char status;
do{
cout<<"Masukkan namamu :";
cin>>nama;
cout<<"Namamu adalah :"<<nama<<endl;
cout<<"Lagi [Y/N]? ";
cin>> status;
}while(status=='Y'||status=='y');
cout<<"Keluar dari loop"<<endl;
return 0;
}

Hasil Output Program:

do-while

Program diatas menggunakan instruksi do-while untuk melakukan repetisi dalam menerima input berupa nama user. Jika dalam satu proses repetisi sudah berhasil melakukan input nama, maka program akan mengeluarkan pesan apakah akan mengulang repetisi. Jika user memasukkan karakter Y/y, maka proses repetisi akan diulang. Jika user memasukkan karakter N atau karakter sembarang selain Y/y, maka proses repetisi akan dihentikan dan pesan “Keluar dari loop” akan dicetak pada layar CLI, sebagai pemberitahuan bahwa kamu sudah keluar dari proses loop do-while.

3. For

Instruksi for merupakan instruksi perulangan dimana jumlah perulangan telah ditetapkan/diketahui terlebih dahulu. Pada awal pendeklarasian instruksi for, biasanya diikuti dengan operator tertentu untuk mengubah nilai variable (nilai awalan) agar proses loop dapat terhenti sesuai target untuk menghindari for tanpa batas. Berikut sintaks perulangan for:


for (inisialisasi_nilai_awal; kondisi_terminasi; perubahan_nilai_awal){

//Blok kode yang akan dieksekusi

}

Jika diaplikasikan dalam pemrograman C++, berikut adalah contoh kodenya:


#include <iostream>
using namespace std;

int main(){
for(int i=0;i<=10;i++){
cout<<"Nilai i adalah :"<<i<<endl;
}
return 0;
}

Hasil Output Program:

for

Program diatas menggunakan instruksi for untuk melakukan perulangan dalam mencetak nilai yang terdapat pada variabel ‘i’. Variabel ‘i’ pada program diatas digunakan sebagai variabel iterasi, dimana pada baris kelima kamu dapat lihat bahwa pada mulanya, nilai variabel ‘i’ adalah 0, untuk target akhirnya nilai i sama dengan 10. Guna mencapai target akhir, nilai variabel ‘i’ dilakuan operasi incrementing dengan simbol operasi i++. Dari output program diatas, dapat kamu lihat bahwa iterasi for berjalan 11 kali (0-10), dimana pada setiap iterasinya akan dicetak nilai yang terdapat pada variabel ‘i’.

Switching

Dalam pemrograman terkhusus management aliran program, adakalanya kamu dalam mengembangkan program dihadapkan oleh banyak pilihan, dan program harus dapat menentukan secara tepat pilihan mana yang harus diambil. Solusi pertama, seperti yang sudah kamu pelajari adalah dengan instruksi if-else. Solusi kedua untuk menangani masalah ini adalah dengan menggunakan instruksi switching. Berikut sintaks instruksi switching:


switch(opsi){

case opsi_pertama : instruksi pilihan pertama;

break;

....

case opsi_ke-n: insstruksi pilihan ke-n

break;

default: instruksi jika tidak ada pilihan yang sesuai;

}

Variabel “opsi”, merupakan variabel dengan tipe integer (wajib integer), nilai variabel “opsi” ini nanti akan dibandingkan dengan yang ada pada tubuh switching seperti opsi_pertama hingga opsi_ke-n. Jika nilai pada variabel “opsi” memiliki kesamaan dengan pilihan yang ada, maka instruksi yang ada pada pilihan tersebut akan dieksekusi. Jika tidak ada yang sesuai, maka instruksi pada pilihan “default” yang akan dieksekusi. Berikut jika diaplikasikan pada pemrograman C++:

#include <iostream>
using namespace std;

int main(){
int x;
cout<<"Masukkan opsi 1 atau 2 :";
cin>>x;
switch(x){
case 1:cout<<"Kamu memilih opsi 1"<<endl;
break;
case 2:cout<<"Kamu memilih opsi 2"<<endl;
break;
default:cout<<"Tidak sesuai dengan permintaan :("<<endl;
break;
}
return 0;
}

opsi pada program diatas didapatkan dari input user dan disimpan dalam variabel ‘x’, dimana nilai ini akan dibandingkan dengan opsi yang terdapat pada tubuh switch. Berikut adalah hasil output pada program di atas:

opsi 1 opsi 2 opsi-default

Oke sobat untuk instruksi lompatan lanjut part 3: Instruksi kendali ya, jangan bosen-bosen belajar bareng sama Mimin,

 

“Selagi masih ada ilmu yang bermanfaat dan kesempatan, sebarkanlah”

Salam sinauarduino.com

One Response

  1. […] Terdapat 3 instruksi yang termasuk dalam instruksi kendali yaitu while, do-while, dan for. Setiap instruksi tersebut memiliki karakterristik tersendiri. (https://www.sinauarduino.com/artikel/part-2-instruksi-kendali-pada-cpp-perulangan/) […]

Leave a Reply