Penjelasan Fungsi Arduino Uno

posted in: Belajar Dasar | 0

Banyak orang-orang awam yang bertanya: apa sebetulnya fungsi arduino uno?

Begini, Arduino Uno itu adalah salah satu tipe mikrokontroler yang mudah didapatkan dipasarkan. Jadi menurut mimin, pertanyaaan yang lebih tepat seharusnya: apa fungsi mikrokontroler?

Nah, fungsi mikrokontroler sendiri adalah sebagai pusat pemroses input sinyal elektronik menjadi output sinyal elektronik yang dibutuhkan. Input berupa sinyal eletronik ini biasanya berasal dari sensor. Sementara itu, output sinyal elektronik berupa komponen aktuator seperti motor DC contohnya. Mikrokontroler ini dapat diprogram untuk mengeluarkan output sinyal seperti keinginan pemrogram.

Arduino Uno merupakan sebuah framework mikrokontroler yang memudahkan pengguna untuk dapat menggunakan mikrokontroler. Dulu sebelum ada Arduino, kita harus membuat minimum system sendiri agar mikrokontroler bisa bekerja, karena mikrokontroler sesungguhnya hanyalah sebuah IC, sehingga untuk dapat bekerja, dibutuhkan clock dan komponen-komponen lain yang harus kita solder sendiri.

Adanya Arduino mempermudah proses ini. Kita tidak lagi perlu untuk membuat minimum system mikrokontroler sendiri karena sudah dijual sepaket pada Arduino. Arduino dapat langsung digunakan setelah kita membelinya dengan hanya menancapkan kabel ke komputer yang sudah terinstall software Arduino.

Bagaimana? Terdengar mudah bukan untuk mengoperasikan Arduino? Memang mudah kok, asal mau belajar, apalagi kalau belajar di SinauArduino 🙂

Leave a Reply