SPI Linux Intel Galileo Gen 2

posted in: Modul | 0

SPI linux pada Intel Galileo Gen 2 merupakan versi linux standard yang tertanam pada chip SPI. Sistem Operasi ini bertugas menjalankan fungsi-fungsi dasar pada board Intel Galileo Gen 2, sebagai contoh melakukan pengecekan ketersediaan sistem operasi linux pada penggunaan SD Card (SD Card Image), melakukan Loop Back Ping, menjalankan sketch Arduino, dan lain-lain serta memiliki software utilitas dasar seperti busybox.

Apa Saja Yang Dibutuhkan?

Cara masuk ke dalam sistem operasi linux standar Intel Galileo Gen 2 (SPI Image) adalah dengan menggunakan komunikasi serial. Sehingga kamu perlu menyiapkan:

#1. Tentunya Board Intel Galileo Gen 2.

#2. Power Suplay 7-12 Volts bawaan dari Intel Galileo Gen 2.

#3. Kabel USB tipe-A ke tipe-B mini.

#4. FTDI tools.

#5. Software Putty sebagai sarana komunikasi.

ftdi-tools-intel-galileo

Gambar 1. FTDI Tools Intel Galileo Gen 2

Bagaimana Langah-Langkahnya?

Setelah semua persiapan sudah kamu lakukan, maka kamu dapat mengikuti langah-langkah sebagai berikut:

#1. Pasang FTDI tools beserta kabel USB.

#2. Pasang Power Supplay pada Jack DC dan hubungkan pada stop kontak arus AC 220 Volts.

#3. Pasang kabel USB FTDI pada port USB laptop.

#4. Pada komputer windows, kamu perlu menuju ke device manager dan melakukan chek COM port yang dialokasikan untuk FTDI tools. COM Port inilah yang harus kamu ingat sebagai alamat komunikasi antara komputer dan Intel Galileo. Tampilan device manager dapat kamu lihat pada Gambar 2.

device-manager-intel-galileo-com-port

Gambar 2. Device Manager 

Pada Gambar 2, FTDI tools dialokasikan pada COM port 8.

#5. Buka Putty, pada serial line isikan nilai “COM8”, kemudian pada Speed isikan nilai “115200”, dan pada connection type pilih “Serial”. Setelah konfigurasi pada Putty selesai dilakukan klik open. Yang musti kamu ingat di sini, kecepatan komunikasi atau “Speed” yang digunakan antara komputer dan Intel Galileo adalah “115200”.

putty-intel-galileo

Gambar 3. Konfigurasi pada Putty

#6. Tunggu pesan-pesan ajaib yang muncul seperti barisan semut. Proses tersebut merupakan proses booting Intel Galileo Kedalam sistem operasi Linux yang tertanam pada flash SPI.

spi-image-boot

Gambar 4. Menu Booting GNU GRUB

proses-booting-spi-image-galileo-clanton

Gambar 5. Proses Booting dan login ke dalam sistem operasi linux Yocto

Password login pada linux Yocto menggunakan passphrase “root”. Oke….. selamat kamu sudah berhasil masuk kedalam sistem operasi linux Yocto. Tampilan yang disajikan dalam serial komunikasi menggunagan putty sama seperti penggunaan terminal pada sistem operasi linux native, namun dengan fungsi-fungsi yang terbatas. Selamat meng-eksplor :).

 

“Genggam erat ilmu dengan membagi dan menulis”

Salam sinauarduino.com

Leave a Reply