Akses ESP8266 dengan AT Command via USB to TTL (Serial UART)

posted in: Modul | 6

Pada artikel ini, mimin akan nyoba buat mengakses ESP8266 ESP-01 menggunakan komunikasi serial UART dengan USB to TTL. USB to TTL sendiri adalah modul yang mampu mengubah antarmuka TTL menjadi antarmuka USB. Kalau dilihat dari tegangan kerjanya, umumnya kita akan menemui 2 jenis USB to TLL di pasaran, yaitu USB to TTL dengan tegangan kerja 5v dan dengan tegangan kerja 3.3v.

Dikarenkan chip ESP8266 menggunakan tegangan kerja 3.3v, maka gunakan juga USB to TTL yang  menggunakan tegangan kerja 3.3v. Jangan sampai USB to TTL 5v dipakai untuk berkomunikasi dengan modul yang memiliki tegangan kerja 3.3v, karena gak akan nyambung. Tapi tenang, buat kalian yang cuma punya USB to TTL dengan tegangan 5v, kalian cuma butuh IC logic converter buat mengatasinya kok. Simak penjelasan mimin di bawah ya!

Kalau kamu punya USB to TTL 3.3v

Hubungkan USB to TTL dan ESP8266 seperti berikut:

Pin USB to TTLPin ESP8266
RXTX
TXRX
VccVcc
VccCH_PD
GNDGND

Oh iya, modul USB to TTL butuh driver biar bisa terdeteksi di Windows. Seperti yang mimin pake, USB to TTL-nya menggunakan chip FTDI FT232RL yang drivernya bisa diunduh dari website-nya FTDI langsung. Untuk yang menggunakan chip lain silahkan googling. Tapi kebanyakan pakai FTDI kok :)

Kalau kamu punya USB to TTL 5v

Kita perlu menggunakan logic level converter untuk mengonversi sinyal 5v menjadi 3.3v dan seba;iknya. IC yang kita gunakan adalah IC 4050. Sebelumnya, kita membuat rangkaian logic level converter terlebih dahulu:

Kemudian sambungkan rangkaian esp8266 pada USB to TTL.

TX USB to TTL    <> RX ESP8266 via IC HEF4050BP

RX USB to TTL    <> TX ESP8266 via IC HEF4050BP

GND USB to TTL <> GND ESP8266 dan GND IC HEF4050BP

3.3V USB to TTL  <> VCC ESP8266 dan port CH_PD

5V USB to TTL     <> VCC IC HEF4050BP

Let’s Go!

Setelah semua persiapan selesai, kita akan melakukan percobaan menggunakan software PuTTY yang bisa kamu download disini. Setelah di download, buka aplikasi putty maka akan menampilkan seperti pada gambar di bawah

putty awal

karena perintah AT command merupakan koneksi serial, maka pada bagian connection type kita pilih Serial, pada kolom Serial line kita isi COMX dengan X sesuai port number yang terdeteksi. Untuk mengecek port number pada OS Windows, kalian dapat mengunakan Device Manager, caranya dengan search pada kolom pencarian atau ketik devmgmt.msc pada Run, lalu klik > pada Port (COM & LPT), maka akan muncul port modul USB to TTL kita terdeteksi pada port berapa, seperti pada gambar di bawah, modul USB to TTL terdeteksi pada COM4.

COMX

Kemudian pada speed kita isi 9600 (sesuai default baudrate ESP8266 versi lama, kalau yang baru, isi 115200), dan klik open.

PUTTY SERIAL READY

Maka tampilannya akan seperti ini :

BLACK PUTTY

OKE, jika kalian sudah sampai tahap ini, kita akan mencoba menuliskan perintah untuk mengetes apakah si ESP8266 sudah terkoneksi. Hal yang harus kita ketahui terlebih dahulu adalah perintah AT Command menggunakan huruf kapital, jadi kita nyalakan capslock terlebih dahulu. Kemudian kita ketikkan “AT” tanpa tanda petik, lalu untuk mengeksekusi perintah tersebut pada putty dengan cara tekan Ctrl+M, lalu Ctrl+J. Maka akan tampil hasil :

PUTTY AT

Kalau sudah keluar “OK” seperti gambar di atas, selamat! ESP8266 kamu sudah siap digunakan! :)

Kalau belum keluar “OK”, coba dicek lagi dari awal, mungkin ada yang salah. Biasanya kesalahan terletak pada baud rate, rangkaian, atau firmware yang digunakan tidak support AT command. Jangan menyerah, tetap coba lagi sob!

Untuk berbagai macam instruksi AT Command yang didukung oleh firmware AT ESP8266, bisa di lihat pada halaman berikut:

#Catatan tambahan, untuk esp8266 yang belum di update firmware, tidak semua intruksi AT Command bisa digunakan (bergantung pada versi AT firmware yang terpasang), Terlebih jangan sesekali mencoba instruksi AT+CIUPDATE karena akan bikin ESP8266 error.

Mudah bukan? Kalau kalian belum berhasil, tenang, memang semuanya membutuhkan proses sob. Mimin juga perlu ngasih tahu kamu beberapa hal penting mengenai ESP8266 dan beberapa kendala yang mungkin 99% pernah dialami oleh semua orang yang  menggunakan ESP8266. Cek artikel berikut ya sob 🙂

 

Mau tutorial ESP8266 lainnya? Klik di sini 🙂

6 Responses

  1. Gan apa fungsi dari port gpio pada modul esp

    • sinauarduino

      Sesuai namanya, GPIO (General Purpose Input/Output) bisa difungsikan sebagai input atau output mas, sesuai kebutuhan.

  2. mas, esp 8266 – 01 ini, bisa di connect dengan wifi hotspot dari hp tidak?? atau harus melalui router??? saya ingin menggunakan esp ini untuk mengambil data dari website.

  3. Om klo usb TTL ftdi ft232rl di koneksikan ke hp android gmn yah tutornya om

  4. Cara koneksi esp32 cam menggunakan ftdi, apakah sama seperti konfigurasinya? Soalnya port saya tdk terbaca gan

    • sinauarduino

      Iya gan, itu ada tutorialnya buat yang pake USB to TTL FTDI. Kalau port tidak terbaca mungkin belum install drivernya. Atau cek lagi kabelnya gan.

Leave a Reply