Memperluas Partisi Pada IoT Dev Kit Intel Galileo Gen 2

posted in: Modul | 0

Pada artikel sebelumya kamu sudah bisa meng-install IoT Dev Kit image. Nah… di sana disebutkan bahwa MicroSD yang dibutuhkan minimal berkapasitas 2GB. Kenapa sih Min harus 2GB? karena secara default proses installasi image IoT Dev Kit akan melakukan partisi otomatis sebesar 2GB. Pada kasus sebelumnya, Mimin melakukan installasi image IoT Dev Kit dengan menggunakan MicroSD berkapasitas 16GB. Secara logika berarti Mimin masih punya memori lebih pada MicroSD card yang belum terpakai…. wahhh kan mubadzir, sehingga kamu perlu memperluas partisi yang ada agar lebih leluasa melakukan installasi software tanpa takut memori penuh. Kamu bisa melakukan cek partisi melalui terminal Linux IoT Dev Kit menggunakan FTDI tools serta menggunakan sintaks dibawah ini.

root@galileo:~# fdisk -l

expand-1

Gambar 1. Partisi yang terbentuk dari proses Installasi

Kamu bisa melihat pada Gambar 1, MicroSD dinamai sebagai mmcblk0 dimana kapasitas yang ada adalah 16GB atau setara 14.9GB usable. Partisi yang terbentuk dari proses installasi adalah mmcblk0p1 dan mmcblk0p2, dimana sektor terakhir dari mmcblk0p2 hanya di sektor 3553279, padahal MicroSD yang ada memungkinkan hingga sektor 31116288.

Bagaimana Cara Memperluas Partisi?

#1 Hapus Partisi

Cara menghapus partisi adalah dengan masuk pada menu fdisk dengan format perintah sebagai berikut:

root@galileo:~# fdisk /dev/mmcblk0

expand-2

Gambar 2. Masuk ke dalam fdisk utility

Masukkan command d sebagai input command dalam menghapus partisi yang ada. Ingat… partisi yang harus kamu hapus adalah partisi ke-dua yaitu mmcblk0p2, seperti yang ditunjukkan pada Gambar 3.

expand-3

Gambar 3. Hapus partisi ke-dua (mmcblk0p2)

#2 Buat Partisi Baru

Setelah partisi mmcblk0p2 berhasil terhapus, maka tugas kamu selanjutnya adalah membuat partisi baru dengan memasukkan command n. Tipe partisi baru yang terbentuk harus bertipe primary seperti yang ditunjukkan pada Gambar 4 berikut:

expand-4

Gambar 4. Membuat partisi baru

Sektor yang digunakan oleh partisi baru alias partisi nomor dua adalah sektor setelah partisi pertama hingga sektor terakhir. Jadi tinggal enter-enter aja secara default sistem akan mengalokasikan sektor yang ada. Jangan lupa setelah semua proses selesai masukkan command w guna menyimpan semua perubahan yang telah kamu lakukan seperti yang ditunjukkan pada Gambar 5.
expand-5

Gambar 5. Menyimpan semua perubahan yang telah dilakukan

Jangan lupa lakukan proses reboot sistem dengan perintah sebagai berikut:

root@galileo:~# reboot

#3 Aplikasikan Perubahan Yang Kamu Lakukan

Setelah peroses reboot selesai, masuk ke dalam commandline Linux IoT Dev Kit dan masukan perintah berikut:

root@galileo:~# resize2fs /dev/mmcblk0p2

Proses di atas bertujuan mengaplikasikan perubahan partisi yang sudah kamu lakukan. Proses tersebut cukup memakan waktu tergantung dari kapasitas dan kecepatan baca tulis dari MicroSD yang kamu gunakan. Jangkan khawatir itu bukan error atau hang, sabar dan tunggu saja yah…

expand-6

Gambar 6. Mengaplikasikan perubahan partisi

#4 Selesai

expand-7

Gambar 7. Hasil pelebaran partisi

Selamat kamu sudah berhasil memaksimalkan memori MicroSD card-mu, sehingga dapat digunakan oleh Intel Galileo secara optimal. Coba bandingkan hasilnya antara sesudah proses Gambar 7 dan sebelum proses pelebaran Gambar 1.

Ada Yang Janggal Atau Masih Penasaran?

Min judulnya memperluas partisi, tapi kok dalam prosesnya ada partisi yang dihapus? Bagaimana dengan nasib data di dalam parisi yang dihapus? Oke Mimin jelaskan ya…memang proses memperlebar partisi dilakukan dengan menghapus partisi yang ada, namun sejatinya itu tidak menghapus data yang ada, karena tidak ada proses penulisan data pada pelebaran partisi. Proses partisi hanya memodifikasi sektor awal dan sektor akhir Namun yang ditekankan pada kasus ini adalah kamu memodifikasi sektor terakhir dari partisi kedua alias mmcblk0p2, dimana data-data yang sudah ada masih terletak pada lokasi sektor yang sama. Lain halnya ketika kamu memajukan sektor yang ada, maka data akan terhapus, karena data berada diluar sektor partisi.

“Jadilah pembelajar yang tidak kenal lelah, siang dan malam terus untuk menuntut ilmu, karena ilmu begitu berharga dan mahal harganya”

Salam sinauarduino.com

Leave a Reply