Mengenal Arduino

posted in: Belajar Dasar | 0

Nah sebelumnya ada pepatah bilang, “kalo tak kenal maka ta’aruf “:P (duh Baper..), apa sih Arduino itu? fungsinya apa aja sih Min? terus kita bisa bikin apa aja dengan si mungil Arduino? Cara pakenya gimana?. Eitssss…. Sabar step by step yah hahaha, sebelum menggambil hatinya, mari kita kenalan dulu sama si Arduino.

Sejarah Singkat Arduino

Arduino merupakan development bard yang awalnya merupakan sebuah thesis yang dibuat oleh Om Hernando Barragan, di institute Ivrea. Kemudian tahun 2005 sama si Om Massimo Banzi dan David Cuartielles diberi nama Arduino of Ivrea. Denga perkembangannya, Arduino of Ivrea diganti nama menjadi “Arduino” yang dambil dari Bahasa Italia bermakna “teman yang berani”.

arduino team

Arduino Team

Semua om-om yang ada di atas ini adalah team dari Arduino. Saat ini tim pengembangnya adalah Massimo Banzi, David Cuartielles, Tom Igoe, Gianluca Martino, David Mellis, dan Nicholas Zambetti.

Kegunaan Arduino

Terus motivasi Arduino dibuat untuk apa sih? Ok, si-Arduino ini dibuat dengan tujuan sebagai suatu perangkat yang murah dan mudah dikembangkan, dimana para siswa dan developer dapat menggunakannya sebagai perangkat desain awal alias prototype. Selain itu si-Arduino juga dapat digunakan di berbagai platform loh, dari Windows, Linux, Mac-Os, bahkan di Ardroid pun bisa. Nih yang membuat si arduino berkembang hebat karena sifat dari sistemnya yang Open Source alias siapa aja bisa mengembangkan secara bebas tidak ada lisensi khusus. Bahkan sekema dari board dari Arduino dapat kita unduh geratis loh…. wow. Dengan open source-nya si-Arduino banyak developer yang saling bahu-membahu mengembangkan projek dan share hasil kerjaan mereka dan lebih-lebih lahirlah banyak varian Arduino yang bermunculan layaknya jamur di musim penghujan. Mimin pernah download dan modifikasi, karena kemampuan cetak PCB masih manual alias strika tangan, alhasil jalur pada ngangkat semua…. Hahah. Pokonya banyak deh projek-projek hebat yang terlahir diawalni dengan desain menggunakan arduino ini, kalo diceritain disini bakalan tidak muat hehehe.

Macam-Macam Arduino

Pihak pengembang Arduino alias developer teamnya, membuat beberapa jenis Arduino. Jenis atau varian Arduino ini dapat dikategorikan berdasarkan fungsi tambahan yang dibenamkan, ukuran memori, jumlah I/O, dan dimensinya. Varian Arduino yang paling banyak terjual dan yang pertama kali muncul adalah Arduino uno. Memori serta jumpah I/O-nya pun sangat terbatas. Kemudian ada arduino mega nih atau disebut si bongsor. Arduino mega memiliki ukurang yang besar dari segi panjang, jumlah I/O dan memorinya pun besar dan banyak.

arduino uno

Arduino uno

Kedua Arduino uno dan mega yang mimin sebutkan tadi, dia menggunakan atmega chip sebagai mikrokontrollernya. Bentar-bentar disini mimin menyebutkan mikrokonroller, apa itu mikrokontroller min? Nah mikrokontroller merupaan sebuah chip, dimana di dalam chip mikrokontroller sudah ada CPU (Central Processing Unit), Memori data, Ram, dan unit I/O (Input dan Otput), serta kesemua unit itu, didalam mikrokontroller dihubungkan dengan jalur data yang disebut Bus Data. Atau kata lainya itu chip mikrokontroller adalah komputer dalam sebuah cip yang sudah terintegrasi. Versi lain dari Arduino mega adalah Arduino mega ADK, dimana pada Arduino mega ADK di sini sudah dilengkapi dengan Port USB Host, jadi teman-teman semua dapat mengakses data dari port USB itu dan menghubungkannya denga android untuk melakukan kontrol.

Arduino Mega dan Mega ADK

Arduino Mega 2560 (Kiri) dan Mega ADK (Kanan)

Selaini itu adala juga loh Arduino dengan cita rasa ARM, disini ARM sama kaya Atmega yaitu sama-sama mikrokontroller, tapi kalo ARM lebih ke mikroprosessor yang awalnya dikembangkan untuk PC (Personal Computer). ARM adalah prosesor dengan arsitektur set instruksi 32bit RISC (Reduced Instruction Set Computer) yang dikembangkan oleh ARM Holdings. ARM merupakan singkatan dari Advanced RISC Machine (sebelumnya lebih dikenal dengan kepanjangan Acorn RISC Machine). Perbedaanya dari arsitektur hardware, clock yang digunakan dan tentu saja memori serta IO. Oh ya, yang paling utama berbeda adalah dari segi set instruksinya loh. Arduino yang dikamsud di sini adalah arduini Due.

Arduino due

Arduino Due

Nih sobat, yang paling canggih saat ini yakni Arduino yang diembed sama pemrograman berbasis linux/Unix dalam board yang bernama Intel Galileo. Wih, dari chip yang digunakan saja udah intel. Yaps, intel chip dipake dalam board ini menggunakanan intel ® Quark SoC X1000 32 bit processor, ini bukan mimpi lagi guys 🙂 . Ini merupakan inovasi board pertama dengan arsitektur Intel ® dirancang layaknya arduino uno. Didalam board ini super komplit ada port WiFi sehingga kamu dapat menambahkan WiFi Card, selain itu ada port USB host, memori card slot wah komplit deh…. Namun guys yang membedakan board arduino ini dengan yang lainnya adalah adanya sistem operasi yang dijalankan untuk melakukan emulasi arduino, alias fungsi-fungsi arduino disimulasikan menggunakan sistem operasi. Jadi jika board ini mati alias shutdown maka prosesnya seperti booting pada komputer dan programnya hilang, kecuali kalo program secara spesifik disimpan dalam file dan diberikan target untuk dimuat pada awal startup.

Intel Galileo

Arduino Intel Galileo

Selain varian dari board Arduino yang mimin jelaskan di atas, ada juga board Arduino yang berukuran kecil alias mini atau wearable. Peruntukan dari Arduino ini adalah untuk membuat sistem yang kecil dan menggunakan daya yang tidak terlalu besar seperti WSN (Wireless Sensor Network), dimana sistem WSN membutuhkan daya yang seminimal mungkin untuk dapat bertahan hidup dalam waktu yang cukup lama. Namun tidak terbatas pada aplikasi WSN saja loh, semisal temen-temen ingin membuat alat yang sifatnya mobile dan dapat dibawa kemana-mana juga dapat menggunakan Arduino jenis ini. Untuk Arduino dengan ukuran yang kecil variannya adalah Arduino mini, mikro, nano, fio, dan lilypad.

wearable

Arduino fio, mini, nano, micro, lilypad

Masih banyak lagi varian-varian arduino yang ada, mungkin akan kita kenal lebih lanjut melalui projek yang akan di share di sini. Oke sobat, mungkin itu dulu sebagai materi awal pertemuan kita, jangan bosen-bosen kunjungi terus sinauarduino.com

“Selagi masih ada ilmu yang bermanfaat dan kesempatan, sebarkanlah”

Salam sinauarduino.com

 

Leave a Reply