Menggunakan Wifi Dongle Pada Intel Galileo Gen 2

posted in: Modul | 0

Halo sinauer’s, kali ini mimin akan mencoba menggunakan wifi dongle pada Intel Galileo dan berupaya menghubungkan Intel Galileo dengan Internet melalui jaringan wifi.

Apa Saja Peralatan Yang Dibutuhkan?

Bahan dan alat yang kamu perlu siapkan diantaranya adalah:

  1. Intel Galieo Gen 2.
  2. Wifi Dongle. Pada tutorial kali ini Mimin menggunakan wifi dongle TP-LINK TL-WN722N.
  3. FTDI chip dan kabel sebagai jembatan koneksi dan komunikasi antara Intel Galileo dan Software Putty pada proses komunikasi serial. Jika kamu belum mengerti mengenai konsep komunikasi serial antara Intel Galileo Gen 2 dan komputer, bisa disimak pada artikel-artikel pembelajaran tentang Intel Galileo berikut.

tl-wn722n

Gambar 1. Wifi Dongle TP-LINK TL-WN722N

Bagaimana Langkah-Langkahnya?

#1 Tancapkan Wifi Dongle Pada Intel Galileo

Pada langkah ini, hardware berupa wifi dongle akan dikenali dan dilakukan proses loading firmware yang ada.

wifi-dongle-plugin

Gambar 2. Proses Loading Firmware

Pada Gambar 2, di atas dapat kamu lihat proses loading firmware “ath9k” ke dalam sistem.

#2 Lakukan Koneksi Dengan Connmanctl

Masuk kedalam script “connmanctl“, dimana dengan script tersebut kamu dapat melakukan management koneksi wifi dan melakukan autentifikasi terhadap jaringan wifi yang ada.

connmanctl2 Gambar 3. Perintah Dasar Connmanctl

Pertama kali yang harus kamu lakukan adalah menghidupkan perangkat wifi yang terhubung dengan perintah “enable wifi“. Setelah perangkat wifi berhasil dinyalakan maka langkah selanjutnya adalah melakukan scanning jaringan wifi yang tersedia melalui perintah “scan wifi“. Hasil scanning jaringan wifi yang berhasil didapatkan dapat kamu lihat daftarnya melalui perintah “services“. Proses terebut dapat kamu lihat dan ikuti sesuai yang ditunjukkan pada Gambar 3. Pada kasus ini, Mimin akan mencoba melakukan koneksi pada jaringan wifi dengan nama “sinauarduino.com”. Access Point dengan SSID “sinauarduino.com” sesuai yang tertera pada Gambar 3, memiliki password: “silakanmasuk”.

Karena jenis koneksi yang Mimin punya dilengkapi password atau nama kerenya secure connection, maka kamu harus menghidupkan agent, dimana agent ini berfungsi melakukan management secure connection.

connmanctl3

 Gambar 4. Connect to Wifi Network

Agent dihidupkan dengan perintah “agent on“. Setelah agent berhasil dihidupkan lakukan konesi ke dalam jaringan wifi dengan perintah “connect“. Jangan lupa masukkan password atau passphrase. Kamu dapat melihat Gambar 4, agar lebih jelas dan memahami langkah-langkahnya.

#3 Tes Konnesi Dengan ICMP (Internet Control Message Protocol)

connmanctl4

Gambar 5. Ping Google.com

Setelah kamu berhasil melakukan koneksi dengan jaringan wifi yang kamu miliki, sekarang saatnya kamu melakukan tes koneksi yang terjadi dengan memanfaatkan ICMP atau nama lainya “ping”. Kamu bisa meakukan ping-ing terhadap alamat IP lain yang terkoneksi dalam jaringan yang sama atau jika jaringan yang kamu miliki terkoneksi dengan internet, kamu bisa ping ke laman google.com atau sejenisnya seperti yang Mimin lakukan pada Gambar 5.

 

“Ilmu mahal karena terdapat proses kreatif di dalamnya”

Salam sinauarduino.com

Leave a Reply