Output Digital Arduino

posted in: Belajar Arduino | 0

Output digital terdiri atas dua buah logika, yaitu kondisi logika HIGH dan kondisi logika LOW. Kali ini, kamu akan mendemonstasikan output digital sederhana dengan bantuan sebuah LED.

Setiap desain board Arduino yang beredar umumnya memiliki built in LED pada pin 13. Pin 13 tersebut merupakan pin yang dapat menghasilkan sinyal digital. Arduino Uno bekerja pada tegangan 5V, sehingga output pin digital pun dapat mengeluarkan tegangan 5V. Tegangan pada saat 5V ini disebut logika HIGH, sedangkan tegangan pada saat 0V disebut logika LOW.

Kalau kamu punya LED sendiri, kamu bisa juga memakainya dengan menancapkan kaki LED yang panjang (+) ke pin 13 dan kaki LED yang lebih pendek (-) ke pin GND yang berada tepat di samping pin 13 (pada Arduino Uno).
Lalu, bagaimana agar pin 13 tersebut memberikan tegangan 5V sehingga dapat menyalakan LED?

Mudah saja. Yang kamu butuhkan hanya sebuah board Arduino, kabel data USB, dan sebuah PC yang telah terpasang driver serta software Arduino.

Silahkan upload program berikut di Arduino kamu.

void setup() {
  // definisikan pin 13 sebagai output
  pinMode(13, OUTPUT);
}
void loop() {
  digitalWrite(13, HIGH);   // nyalakan LED dengan membuat tegangan HIGH
  delay(1000);              // delay 1000 ms (1 detik)
  digitalWrite(13, LOW);    // matikan LED dengan membuat tegangan LOW
  delay(1000);              // delay 1000 ms (1 detik)
}

Seperti yang terlihat pada program di atas, LED akan nyala (kondisi HIGH) selama 1 detik kemudian mati (kondisi LOW) selama 1 detik, kembali nyala 1 detik dan begitu seterusnya. Menghasilkan sinyal digital dengan logika HIGH atau LOW dapat dilakukan hanya dengan menuliskan sintaks digitalWrite(pin, nilai). Tapi ingat, pin yang akan digunakan harus dideklarasikan mode nya terlebih dahulu di fungsi setup.

arduino uno led 13 on

Mudah bukan? Tentu saja, bukan hanya pin 13 yang bisa dipakai. Arduino tipe Uno sendiri punya 14 buah pin digital yang siap dipakai sesuai kreativitas kamu. Selamat bereksperimen!

 

Leave a Reply