Part 3: Instruksi Kendali Pada C++ (Lompatan)

posted in: Pemrograman C++ | 0

Pada suatu kodisi tertentu dalam pemrograman selain dikehendaki looping sesuai target, kadang looping juga harus “dibunuh” sebelum waktunya berhenti. Biasanya hal ini dilakukan untuk mengakhiri looping agar tidak terjadi error. Untuk melakukan hal ini, kamu dapat menggunakan instruksi lompatan (jump).

Instruksi yang akan Mimin bahas kali ini adalah break, continue, dan goto:

Instruksi Lompatan

1. Break

Instruksi break dapat digunakan pada percabangan, looping, dan switching sebagai error handling (penanganan kesalahan) bila kesalahan terjadi. Berikut adalah implementasi break pada pemrograman C++:


#include <iostream>
using namespace std;

int main(){
int i=0;
while(i<=10){
if (i == 5){
break;
}
cout<<"Nilai i adalah :"<<i<<endl;
i++;
}
cout<<"Loop while berakhir"<<endl;
return 0;
}

Pada program diatas, dapat kamu lihat bahwa seharusnya proses looping while berjalan dari nilai variabel ‘i’ sama dengan 0 hingga kurang dari atau sama dengan 10. Namun karena instruksi break dijalankan ketika nilai variabel ‘i’ sama dengan 5, maka looping while akan berhenti ketika nilai variabel ‘i’ telah mencapai 5. Berikut hasil output programnya:

break

2. Continue

Instruksi continue merupakan instruksi yang berfungsi melakukan skip terhadap urutan looping tertentu. untuk lebih jelasnya kamu perhatikan kode berikut:


#include <iostream>
using namespace std;

int main(){
for(int i=1; i<=5; i++){
if (i == 3){
continue;
}
cout<<"Nilai i adalah :"<<i<<endl;
}
return 0;
}

Program diatas, akan melakukan repetisi sebanyak 5 kali dikontrol dengan variabel ‘i’, dimana nilai awal variabel ‘i’ adalah 1 dan berakhir dinilai 5, serta menggunakan metode incrementing. Selama repetisi, akan dicetak nilai variabel ‘i’, namun ketika variabel ‘i’ sama dengan 3, maka instruksi yang hendak dieksekusi dalam loop for akan di-skip dan lanjut pada proses selanjutnya. Berikut hasil output program di atas:

continue

Terlihat pada hasil output di atas, nilai variabel ‘i’ ketika bernilai 3 tidak dicetak pada layar CLI.

3. Goto

Instruksi goto digunakan untuk melompat dari suatu baris eksekusi tertentu menuju pada baris lain pada label tertentu, atau secara mudahnya jika aliran program menemui instruksi goto, maka aliran program akan diumpan pada label tertentu. Berikut adalah implementasinya:


#include <iostream>
using namespace std;

int main(){
int i=5;
sini:
cout<<"Nilai i adalah :"<<i<<endl; 
i--; 
if(i>0){
goto sini;
}
return 0;
}

Program diatas layaknya melakukan proses looping, namun menggunakan instruksi goto, dimana selama nilai variabel ‘i’ lebih besar daripada nilai 0, maka aliran program akan dilompatkan ke label “sini” sembari mencetak nilai yang berada pada variabel ‘i’. berikut hasil output programnya:

goto

 

“Selagi masih ada ilmu yang bermanfaat dan kesempatan, sebarkanlah”

Salam sinauarduino.com

Leave a Reply